Idul Adha! Berikut Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Tahan Lama

Halo martanian! karena sebentar lagi (sesuai tanggal posting artikel ini) adalah Hari Raya Idul Adha! Berikut Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Tahan Lama, semoga bermanfaat ya!

Hari Raya dengan Daging Melimpah

Seperti biasanya, saat hari raya Idul Adha tiba, maka salah satu yang perlu kita syukuri adalah dengan melimpahnya daging yang berasal dari ibadah kurban. Bagi sebagian banyak orang, ini akan menjadi hari-hari yang luar biasa karena memang secara serentak hampir seluruh lapisan masyarakat akan memiliki daging, baik itu daging sapi/lembu maupun kambing/domba yang melimpah.

Berikut Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Tahan Lama

Nah.. karena kondisi inilah biasanya beberapa dari kita merasa kebingungan untuk menyimpan daging tersebut karena saking banyaknya, maka tidak mungkin bisa habis dalam satu atau bahkan dua hari, bukan? sebagai beberapa referensi, berikut adalah 4 cara menyimpan daging kurban agar bisa awet dan tahan lama:
  1. Sebaiknya daging tidak langsung dicuci
  2. Simpan di dalam Freezer
  3. Masukkan ke dalam tempat/wadah tertutup
  4. Usahakan daging keluar masuk kulkas dengan cepat

Mengapa sebaiknya daging tidak langsung dicuci?

Selain dapat merubah aroma daging dan menyebabkan daging mengeluarkan bau yang tak sedap karena terlanjur kemasukkan air, mencuci daging kurban saat pertama kali diterima dapat menyebabkan kualitas kesegaraannya justeru menurun. Jadi, sebaiknya disarankan langsung masukkan saja ke dalam kulkas saat daging kuran diterima di rumah.

Segera simpan di dalam Freezer

Seperti yang dituliskan pada poin nomor 3 (tiga) di atas, setelah daging kurban (sapi/kambing) dimasukkan ke dalam wadah atau tempat daging yang cukup aman dan ada tutupnya, maka segeralah simpan daging di dalam freezer. Dengan suhu stabil sekira -18°C, daging dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

Ini penting dan terkadang sering dilupakan: Usahakan daging keluar masuk kulkas dengan cepat!

Artinya, saat kita membutuhkan daging untuk dimasak, maka keluarkan daging sesuai dengan kebutuhan lalu kemudian segera masukkan kembali ke dalam kulkas (freezer) jika sudah dipotong sesuai dengan yang akan dimasak. Sebagian referensi ada juga yang menyarankan sebaiknya daging dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian kecil sebelum dimasukkan ke dalam freezer agar lebih mudah saat kita membutuhkannya.

Cukup mudah bukan bagaimana Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Tahan Lama? jangan lupa juga untuk menjaga suhu dan kebersihan kulkas selama daging kurban masih ada. Jangan sampai belum dimasak daging sudah rusak, sayang banget kan?! :)

Posting Komentar untuk "Idul Adha! Berikut Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet Tahan Lama"