Agar Awet dan Tetap Aman Berikut Cara Mudah Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

Bagi Ibu rumah tangga dan pegiat bisnis kuliner, menyimpan bahan makanan di lemari es atau kulkas merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Tak hanya sekedar supaya bisa lebih tahan lama, menyimpan bahan makanan di kulkas juga perlu memperhatikan sisi keamanan dan kesehatan agar bahan makanan tetap baik saat digunakan.

Cara Mudah Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

Salah satu tujuan tersebut adalah bisa membantu menahan berkembangnya bakteri dalam suhu kulkas yang sudah kita atur sedemikian rupa. Terutama pada bahan makanan yang mudah rusak jika disimpan di suhu ruangan seperti daging, ikan dan produk susu.

Lalu bagaimana cara Agar Awet dan Tetap Aman Berikut Cara Mudah Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas? yuk baca beberapa caranya di artikel ini ya.

Pastikan Bahan Makanan Sudah Dalam Keadaan Bersih

Seperti daging misalnya, pastikan sudah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum kita masukkan kedalam kulkas, Hal ini untuk menjaga agar daging tetap dalam keadaan bersih dan lebih higienis.

Simpan Bahan makanan di sebuah wadah higienis

Setelah bahan makanan dipastikan sudah bersih, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam sebuah wadah yang tentunya aman untuk makanan atau biasa dikenal dengan istilah food grade.

Tidak sulit kok mendapatkannya, martanian bisa mencoba mencari di toko alat bahan roti atau bisa mencarinya secara online. Beberapa keuntungan menyimpan bahan makanan di sebuah wadah sebelum lalu dimasukkan kedalam kulkas adalah:
  • Memisahkan agar aromanya tidak tercampur dengan bahan makanan lainnya.
  • Lebih memudahkan saat akan mencarinya, apalagi diberikan tulisan misalnya.
  • Membantu menahan bakteri yang akan masuk kedalam bahan makanan.

Sebisa mungkin hindari menyimpan makanan matang

Terkecuali jika sebentar semisal menyimpan kue tart untuk ulang tahun sembari menunggu yang berulang tahun datang munkin tidak apa-apa. Namun sebaiknya lebih sering dihindari, apalagi bahan makanan yang disimpan untuk keperluan jualan masakan aneka kuliner seperti nasi ayam, nasi oseng mercon dan lain sebagainya.


Mengapa sebaiknya dihindari? karena hidangan masakan matang apalagi kue tart cenderung memiliki kadar air yang cukup banyak. Sehingga takutnya ini akan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme di dalam kulkas dan berpengaruh nantinya terhadap bahan makanan lainnya.

Jaga selalu suhu dan kebersihan kulkas

Ini juga tak kalah penting untuk selalu diperhatikan untuk menjaga suhu dan kebersihan kulkas secar berkala. Paling sederhana semisal bisa dengan membersihkan bunga es secara berkala, membersikan bagian dalam kulkas, memastikan kulkas tetap selalu berada dalam suhu yang tepat.

Nah itu dia Bagaimana Cara Mudah Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Awet dan Tetap Aman. Selamat mencoba di rumah, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Agar Awet dan Tetap Aman Berikut Cara Mudah Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas"